Tips Merawat Alat Bantu Dengar Buah Hati Anda

10 Tips Untuk Merawat Alat Bantu Dengar Buah Hati Anda

Kali ini kita akan membahas mengenai tips merawat alat bantu dengar anak. Karena bagi para orangtua yang memiliki anak tuna rungu, melakukan perawatan terhadap alat bantu dengar pasti menjadi salah satu bagian ritual Anda sehari – hari. Selain aspek kebersihan, melindungi perangkat ini juga dapat mencegah kerusakan dan membuatnya dapat digunakan lebih lama. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda perhatikan.

 

Membersihkan Alat Bantu Dengar Setiap Hari

Bersihkan bagian dudukan dengan kain bersih yang kering atau sikat kecil yang disertakan pada casing keras alat bantu dengar. Sabun, detergen, dan alkohol sebaiknya tidak digunakan untuk membersihkan. Hanya gunakan air untuk membersihkan earmold ketika tidak terhubung dengan alat bantu dengar.

 

Melindungi Alat Bantu Dengar Dari Temperatur Ekstrem

Cuaca ekstrem dengan suhu yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat merusak komponen internal alat bantu dengar. Jadi, jangan sampai alat tersebut terpapar udara dingin dalam waktu yang lama maupun diletakkan di dekat sumber panas seperti kompor, hair dryer, pemanas, terkena sinar matahari langsung, dll.

 

Pastikan Anak Tidak Berenang atau Mandi Dengan Alat Bantu Dengar

Mungkin alat bantu dengar anak Anda memiliki fitur anti debu dan anti air. Namun alat tersebut kadang memiliki level tahan air yang berbeda – beda. Sebagai contoh, dengan rating IP68 pada alat bantu dengar Phonak Sky V, alat tersebut dapat tercelup ke dalam air dengan kedalaman 1 meter selama 60 menit. Ketika alat tersebut terkena air lebih lama, hal ini dapat meningkatkan level kelembaban dan embun yang dapat merusak komponen elektronik alat dengar.

 

Jaga Alat Bantu Dengar Dari Debu dan Kotoran

Pastikan Anda dan si kecil dalam kondisi tangan yang bersih ketika memegang alat bantu dengar agar input mikrofon tidak tersumbat oleh debu.

 

Lepaskan Alat Bantu Dengar Ketika Menggunakan Hair Spray

Tips yang satu ini khusus untuk para remaja. Hair spray dan berbagai produk kosmetik dapat merusak perangkat ini sehingga pastikan untuk selalu melepaskannya sebelum menggunakan kosmetik tersebut.

 

Simpan Alat Bantu Dengar di Tempat yang Sejuk Saat Tidak Digunakan

Sebelum waktunya tidur, letakkan alat bantu dengar di dalam kotak penyimpanan. Lepaskan baterai dan buka tutup baterai. Jika anak Anda sudah cukup besar, ajarkan hal ini agar menjadi kebiasaannya sehari – hari.

 

Hindarkan Alat Bantu Dengar dan Baterai Dari Anak-anak dan Binatang Peliharaan

Anak kecil dan binatang piaraan seperti anjing akan merasa sangat penasaran ketika melihat baterai kecil dan ujung alat pendengaran sehingga mereka mungkin akan menyentuh atau bahkan mencoba memasukkan benda ini ke dalam mulut.

 

Jangan Sampai Alat Bantu Dengar Terjatuh

Walaupun bahan dudukan alat bantu dengar cukup kokoh, alat bantu dengar masih mungkin rusak ketika terbentur oleh permukaan yang keras. Ketika membersihkan atau mengganti baterai, sebaiknya pegang alat tersebut dengan permukaan yang lembut.

 

Gunakan Dehumidifier

Anak-anak cenderung lebih aktif sehingga sangat sering berkeringat dan membuat telinga mereka menjadi lembab. Untuk mengatasi hal ini, gunakan dehumidifier untuk menghilangkan kelembaban tersebut.

 

Melakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Mengunjungi dokter atau audiolog secara rutin menawarkan banyak manfaat  karena memungkinkan Anda mengetahui bahwa alat bantu dengar diperiksa dan dibersihkan dengan benar.

Be the first to comment

Leave a Reply