Tips Sebelum Anda Memilih Alat Bantu Dengar Yang Tepat No ratings yet.

Tips Sebelum Anda Memilih Alat Bantu Dengar Yang Tepat

Pertanyaan apa yang harus saya tanyakan sebelum membeli alat bantu dengar?

Sebelum Anda memilih dan membeli alat bantu dengar, tanyakan pertanyaan penting ini kepada audiolog Anda:

  • Fitur apa yang paling berguna bagi saya?
  • Berapa total biaya alat bantu dengar? Apakah manfaat dari teknologi yang lebih baru lebih besar daripada biaya yang lebih tinggi?
  • Apakah ada masa percobaan untuk menguji alat bantu dengar? (Sebagian besar produsen mengizinkan masa percobaan 30 hingga 60 hari di mana bantuan dapat dikembalikan untuk pengembalian dana.) Biaya apa yang tidak dapat dikembalikan jika bantuan dikembalikan setelah masa percobaan?
  • Berapa lama garansi? Apakah bisa diperpanjang? Apakah garansi mencakup pemeliharaan dan perbaikan di masa mendatang?
  • Bisakah audiolog melakukan penyesuaian dan memberikan servis dan perbaikan kecil? Apakah bantuan peminjam akan diberikan saat perbaikan diperlukan?
  • Instruksi apa yang diberikan audiolog?

Bagaimana saya bisa menyesuaikan diri dengan alat bantu dengar saya?

Alat bantu dengar membutuhkan waktu dan kesabaran untuk berhasil digunakan. Mengenakan alat bantu Anda secara teratur akan membantu Anda menyesuaikan diri dengannya.

Kenali fitur alat bantu dengar Anda. Dengan kehadiran audiolog Anda, berlatihlah memasukkan dan mengeluarkan alat bantu, membersihkannya, mengidentifikasi alat bantu kanan dan kiri, dan mengganti baterai. Tanyakan cara mengujinya di lingkungan pendengaran di mana Anda memiliki masalah pendengaran. Pelajari cara menyesuaikan volume alat bantu dan memprogramnya untuk suara yang terlalu keras atau terlalu lembut. Bekerjalah dengan audiolog Anda sampai Anda merasa nyaman dan puas.

Anda mungkin mengalami beberapa masalah berikut saat Anda menyesuaikan diri untuk memakai alat bantu baru Anda, seperti:

1. Alat bantu dengar saya terasa tidak nyaman

Beberapa orang mungkin merasa alat bantu dengar sedikit tidak nyaman pada awalnya. Tanyakan audiolog Anda berapa lama Anda harus memakai alat bantu dengar saat Anda menyesuaikannya.

2. Suaraku terdengar terlalu keras

Sensasi “terpasang” yang menyebabkan suara pengguna alat bantu dengar terdengar lebih keras di dalam kepala disebut efek oklusi, dan sangat umum bagi pengguna baru alat bantu dengar. Periksa dengan audiolog Anda untuk melihat apakah koreksi mungkin dilakukan. Kebanyakan orang terbiasa dengan efek ini dari waktu ke waktu.

3. Saya mendapat umpan balik dari alat bantu dengar saya

Suara siulan dapat disebabkan oleh alat bantu dengar yang tidak pas atau bekerja dengan baik atau tersumbat oleh kotoran telinga atau cairan. Lihat audiolog Anda untuk penyesuaian.

4. Saya mendengar kebisingan latar belakang

Alat bantu dengar tidak sepenuhnya memisahkan suara yang ingin Anda dengar dari suara yang tidak ingin Anda dengar. Namun, kadang-kadang, alat bantu dengar mungkin perlu disesuaikan. Bicaralah dengan audiolog Anda.

5. Saya mendengar suara mendengung ketika saya menggunakan ponsel saya

Beberapa orang yang memakai alat bantu dengar atau memasang alat bantu dengar mengalami masalah dengan gangguan frekuensi radio yang disebabkan oleh ponsel digital. Namun, baik alat bantu dengar maupun telepon seluler mengalami peningkatan, sehingga masalah ini semakin jarang terjadi. Saat Anda sedang memasang alat bantu dengar baru, bawalah ponsel Anda untuk melihat apakah itu akan bekerja dengan baik dengan alat bantu tersebut.

Bagaimana cara merawat alat bantu dengar saya?

Pemeliharaan dan perawatan yang tepat akan memperpanjang umur alat bantu dengar Anda. Biasakan untuk:

  • Jauhkan alat bantu dengar dari panas dan kelembapan.
  • Bersihkan alat bantu dengar seperti yang diinstruksikan. Kotoran telinga dan drainase telinga dapat merusak alat bantu dengar.
  • Hindari penggunaan hairspray atau produk perawatan rambut lainnya saat mengenakan alat bantu dengar.
  • Matikan alat bantu dengar saat tidak digunakan.
  • Ganti baterai mati segera.
  • Jauhkan baterai pengganti dan alat bantu kecil dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Apakah jenis terbaru alat bantu dengar tersedia?

Meskipun cara kerjanya berbeda dari alat bantu dengar yang dijelaskan di atas, alat bantu dengar implan dirancang untuk membantu meningkatkan transmisi getaran suara yang masuk ke telinga bagian dalam. Implan telinga tengah (MEI) adalah alat kecil yang dipasang pada salah satu tulang telinga tengah. Alih-alih memperkuat suara yang mengalir ke gendang telinga, MEI menggerakkan tulang-tulang ini secara langsung. Kedua teknik tersebut memiliki hasil bersih untuk memperkuat getaran suara yang masuk ke telinga bagian dalam sehingga dapat dideteksi oleh individu dengan gangguan pendengaran sensorineural.

Alat bantu dengar berlabuh tulang (BAHA) adalah perangkat kecil yang menempel pada tulang di belakang telinga. Perangkat mentransmisikan getaran suara langsung ke telinga bagian dalam melalui tengkorak, melewati telinga tengah. BAHA umumnya digunakan oleh individu dengan masalah telinga tengah atau tuli di salah satu telinga. Karena pembedahan diperlukan untuk menanamkan salah satu dari perangkat ini, banyak spesialis pendengaran merasa bahwa manfaatnya mungkin tidak lebih besar daripada risikonya.

Bisakah saya mendapatkan bantuan keuangan untuk alat bantu dengar?

Alat bantu dengar umumnya tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi kesehatan, meski ada beberapa yang melakukannya. Untuk anak-anak dan dewasa muda berusia 21 tahun ke bawah yang memenuhi syarat, Medicaid akan membayar diagnosis dan pengobatan gangguan pendengaran, termasuk alat bantu dengar, di bawah layanan Pemeriksaan, Diagnostik, dan Perawatan Dini dan Berkala (EPSDT). Selain itu, anak-anak dapat ditanggung oleh program intervensi dini negara bagian mereka atau Program Asuransi Kesehatan Anak Negara Bagian.

Medicare tidak menanggung alat bantu dengar untuk orang dewasa; namun, evaluasi diagnostik dicakup jika diperintahkan oleh dokter untuk tujuan membantu dokter dalam mengembangkan rencana perawatan. Karena Medicare telah menyatakan BAHA sebagai alat prostetik dan bukan alat bantu dengar, Medicare akan menanggung BAHA jika kebijakan pertanggungan lainnya terpenuhi.

Beberapa organisasi nirlaba memberikan bantuan keuangan untuk alat bantu dengar, sementara yang lain mungkin membantu menyediakan alat bantu bekas atau rekondisi. Hubungi National Institute on Deafness and Other Communication Disorders (NIDCD) Information Clearinghouse untuk pertanyaan tentang organisasi yang menawarkan bantuan keuangan untuk alat bantu dengar.

Penelitian apa yang sedang dilakukan pada alat bantu dengar?

Para peneliti sedang mencari cara untuk menerapkan strategi pemrosesan sinyal baru pada desain alat bantu dengar. Pemrosesan sinyal adalah metode yang digunakan untuk mengubah gelombang suara normal menjadi suara yang diperkuat yang paling sesuai dengan sisa pendengaran pengguna alat bantu dengar. Peneliti yang didanai NIDCD juga sedang mempelajari bagaimana alat bantu dengar dapat meningkatkan sinyal ucapan untuk meningkatkan pemahaman.

Selain itu, para peneliti sedang menyelidiki penggunaan teknologi berbantuan komputer untuk merancang dan memproduksi alat bantu dengar yang lebih baik. Para peneliti juga sedang mencari cara untuk meningkatkan transmisi suara dan mengurangi gangguan kebisingan, umpan balik, dan efek oklusi. Studi tambahan berfokus pada cara terbaik untuk memilih dan menyesuaikan alat bantu dengar pada anak-anak dan kelompok lain yang kemampuan pendengarannya sulit untuk diuji.

Fokus penelitian lain yang menjanjikan adalah menggunakan pelajaran dari model hewan untuk merancang mikrofon yang lebih baik untuk alat bantu dengar. Ilmuwan yang didukung NIDCD sedang mempelajari lalat kecil Ormia ochracea karena struktur telinganya memungkinkan lalat menentukan sumber suara dengan mudah. Para ilmuwan menggunakan struktur telinga lalat sebagai model untuk merancang mikrofon directional miniatur untuk alat bantu dengar. Mikrofon ini memperkuat suara yang datang dari arah tertentu (biasanya arah yang dihadapi seseorang), tetapi bukan suara yang datang dari arah lain. Mikrofon terarah sangat menjanjikan untuk memudahkan orang mendengar satu percakapan, bahkan ketika dikelilingi oleh kebisingan dan suara lain.

Source:
Hearing Aids — Styles/Types & How They Work | NIDCD (nih.gov)

Berikan Rating Artikel Ini