Penyakit Gangguan Pendengaran Pada Orang Dewasa

Penyebab Gangguan Pendengaran pada Orang Dewasa

Ada banyak penyebab gangguan pendengaran pada orang dewasa. Anda dapat mencegah beberapa tetapi tidak semua penyebab. Audiolog dapat membantu. Anda dapat mewarisi gangguan pendengaran dari keluarga Anda. Juga umum terjadi gangguan pendengaran saat usia bertambah. Ada penyebab lain yang dijelaskan di bawah ini. Kehilangan pendengaran dapat terjadi dengan sendirinya atau dengan tinnitus dan gangguan dari penyakit lainnya.

Beberapa Penyakit yang Menjadi Penyebab Gangguan Pendengaran Pada Orang Dewasa
Otosklerosis

Ini adalah penyakit telinga tengah. Itu membuat tulang-tulang kecil di telinga tengah lebih sulit bergerak. Penyakit ini menyebabkan gangguan pendengaran konduktif. Kondisi ini sering diobati dengan operasi.

Penyakit Ménière

Ini adalah masalah telinga bagian dalam. Penyebab penyakit Ménière tidak diketahui. Biasanya dimulai pada orang berusia antara 30 dan 50 tahun. Seseorang dengan penyakit ini akan sering mengalami gangguan pendengaran sensorineural. Pusing dan dering di telinga adalah hal biasa. Sensitivitas terhadap suara yang keras juga dapat terjadi. Gangguan pendengaran datang dan pergi, tetapi seiring waktu beberapa kehilangan pendengaran menjadi permanen.

Penyakit telinga bagian dalam autoimun

Gangguan autoimun adalah salah satu di mana tubuh Anda menyerang dirinya sendiri. Gangguan pendengaran jenis ini terjadi dengan cepat. Anda harus mengunjungi dokter sesegera mungkin jika tiba-tiba Anda kehilangan pendengaran. Perawatan medis dapat membantu meminimalkan gangguan pendengaran.

Obat ototoksik

Ada beberapa obat yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang obat-obatan yang Anda pakai. Beberapa obat yang dapat mempengaruhi pendengaran meliputi:

  • Antibiotik aminoglikosida, seperti streptomisin, neomisin, atau kanamisin
  • Aspirin dalam jumlah besar
  • Ulangi diuretik, seperti lasix atau asam etakrilat
  • Beberapa obat kemoterapi
Suara yang sangat keras

Suara keras dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen. Gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan tidak menimbulkan rasa sakit dan biasanya terjadi seiring waktu. Mendengar suara yang sangat keras, seperti ledakan, dapat menyebabkan gangguan pendengaran mendadak.

Neuroma akustik

Ini adalah contoh dari tumor yang menyebabkan gangguan pendengaran. Ini juga dapat menyebabkan dering di telinga Anda dan terasa seperti telinga Anda penuh. Anda memerlukan perawatan medis untuk neuroma akustik.

Cidera kepala fisik

Sebuah luka trauma otak (TBI), lubang di gendang telinga, dan kerusakan pada telinga tengah dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

Presbikusis

Ini adalah gangguan pendengaran sensorineural yang terjadi seiring bertambahnya usia. Bicara mungkin mulai terdengar teredam atau tidak jelas. Anda mungkin harus meminta orang mengulangi diri mereka sendiri atau memutar TV lebih keras untuk mendengarnya.

Be the first to comment

Leave a Reply