Strategi Komunikasi Dan Gangguan Pendengaran (Bagian 1) No ratings yet.

Strategi Komunikasi – Mark Ross, ahli audiolog dengan gangguan pendengaran yang parah, mengatakan “Ketika seseorang di dalam keluarga mempunyai gangguan pendengaran. Maka seluruh keluarga akan mempunyai masalah pendengaran”. Komunikasi adalah jalan 2 arah, dan keduanya baik pendengar dengan gangguan pendengaran dan rekan komunikasinya, dapat bermain peran dalam mengurangi masalah yang mungkin timbul dalam sebuah komunikasi.

Di bawah ini ada beberapa strategi komunikasi untuk keduanya baik pendengar dan rekan komunikasinya yang secara signifikan dapat mengurangi kesulitan dalam percakapan.

Beberapa Strategi Komunikasi

1. Jangan mencoba untuk menyembunyikan gangguan pendengaran Anda

Pendengar: Akui gangguan pendengaran Anda, dengan begitu orang-orang akan lebih memandangmu ketika berbicara. Dan berbicara secara jelas ketika menyampaikan pesan ke Anda. Jika rekan komunikasi Anda tahu bahwa Anda mempunyai gangguan pendengaran, mereka pasti akan lebih sedikit salah paham jika Anda tidak menanggapi dengan tepat atau jika Anda mengabaikan pembicara.

Strategi Komunikasi Dan Gangguan Pendengaran (Bagian 1)

Rekan komunikasi: Jika seseorang yang Anda ajak bicara memiliki alat bantu dengar dan/atau memberitahu Anda bahwa dia memiliki gangguan pendengaran, jangan berteriak atau menggerakkan mulut secara berlebihan. Hanya berbicara jelas, sedikit lebih pelan dan sedikit lebih keras. Memberi jeda diantara kalimat akan membantu pendengar mempunyai waktu untuk mengolah apa yang Anda katakan.

2. Gunakan teknologi alat bantu dengar

Pendengar: Jika Anda menggunakan alat bantu dengar, maka pakailah selalu. Jika tidak, cek dengan ahli kesehatan pendengaran untuk mengetahui teknologi alat bantu dengar. Beberapa kemajuan menakjubkan telah dibuat untuk alat bantu dengar untuk Anda, untuk mengetahui teknologi apa yang tersedia agar membuat situasi komunikasi Anda berjalan dengan lebih mudah.

Rekan komunikasi: Jika Anda melihat lawan bicara Anda memiliki kesulitan berkomunikasi dan mereka tidak menggunakan alat bantu dengar atau teknologi alat bantu lainnya. Dukung mereka untuk mendapatkan bantuan menggunakan teknologi modern digital dan teknologi alat bantu lainnya. Jika mereka menentang terhadap teknologi pendengaran atau menolak, pertimbangkan penggunaan beberapa strategi untuk mengatasi orang tersayang yang menolak tentang gangguan pendengaran mereka.

Berikan Rating Artikel Ini

Be the first to comment

Leave a Reply