Model Alat Bantu Dengar, Penjelasan dan Keuntungannya

model alat bantu dengar

Berbagai macam alat bantu dengar saat ini telah tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pendengaran dan pilihan pengguna. Model alat bantu dengar BTE (Behind the Ear) umumnya digunakan untuk gangguan pendengaran lebih parah atau jika faktor biaya menjadi pertimbangan, sementara RIC (Receiver in Canal) adalah solusi tepat jika estetika dan kenyamanan menjadi fokus utama.

Berbagai Macam Model Alat Bantu Dengar

1. Alat Bantu Dengar ITC (in the canal) dan CIC (completely in the canal)

Memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga dapat ditempatkan di saluran pendengaran secara menyeluruh. Alat bantu dengar ini merupakan satu satunya alat bantu dengar yang memiliki ukuran terkecil dengan memberikan berbagai keuntungan. Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan jika menggunakan alat bantu dengar ini. Salah satunya adalah orang lain tidak akan menyadari Anda menggunakan alat bantu dengar. Hal ini dikarenakan ukurannya sangat kecil dan penggunaannya tersembunyi di dalam saluran pendengaran Anda.

2. Alat Bantu Dengar ITE (In The Ear)

Semua bagian dari perangkat alat bantu dengar model ITE ini terbungkus oleh casing yang akan menempati bagian terluar dari telinga. Alat bantu dengar jenis ini terbilang lebih besar dari pada alat bantu dengar ITC dan CIC. Pada beberapa orang alat bantu dengar jenis ini sangatlah lebih mudah untuk diatur. Dibandingkan dengan alat bantu dengar yang memiliki ukuran lebih kecil seperti ITC dan CIC tadi.

3. Alat Bantu Dengar BTE (Behind The Ear)

Model alat bantu dengar ini terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah earmold yang dipasangkan ke telinga. Bagian kedua merupakan perangkat alat bantu dengar itu sendiri yang ditempatkan pada sisi bagian belakang telinga. Perangkat alat bantu dengar ini dihubungkan dengan bagian earmold yang berada di telinga melalui sebuah selang (tubing). Jenis alat bantu dengar ini seringkali digunakan oleh anak muda karena sangat nyaman digunakan. Selain itu, alat bantu dengar ini juga sangat cocok untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

4. Alat Bantu Dengar RIC (Receiver In Canal)

Alat bantu dengar yang satu ini memiliki tampilan yang hampir menyerupai alat bantu dengar BTE. Namun dengan sedikit perbedaan di antara keduanya. Speaker dari alat bantu dengar RIC terletak pada saluran pendengaran. Dilengkapi dengan kabel yang tipis menggantikan tubing yang ada pada alat bantu dengar BTE. Alat bantu dengar ini juga menawarkan keindahan saat digunakan. Ukurannya yang cukup kecil dan dapat disembunyikan di bagian belakang telinga. Selain itu, alat bantu dengar ini juga sangatlah cocok untuk dikenakan oleh orang dewasa yang memiliki segudang aktivitas.

5. Implan Koklea

Perangkat alat bantu pendengaran ini ditanam pada bagian belakang gendang telinga. Bekerja secara mekanis untuk menggetarkan sel-sel rambut yang berada di dalam koklea (rumah siput). Implan koklea memiliki dua bagian.Yang pertama adalah implan, yang merupakan bagian yang ditanam. Yang kedua adalah prosesor suara yang digunakan pada bagian luar telinga.

Be the first to comment

Leave a Reply