Cara Mengatasi Masalah Pendengaran Anda

Bagikan

Seorang pasien akan menjalani pemeriksaan audiologist komprehensif untuk mengetahui sejauh mana kondisi pendengaran yang sudah mulai melemah dan bagaimana cara mengatasi masalah pendengaran tersebut.  Dan untuk mengetahui jenisnya nanti akan diberikan semacam bantuan untuk pendengaran.

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Pendengaran?

Cara yang tepat untuk mengatasi masalah pendengaran adalah dengan menggunakan alat bantu dengar. Perlu diketahui bahwa tidak ada jaminan anda akan dapatkan asuransi atas alat pendengaran ini sekalipun untuk mereka veteran yang mendapat masalah pendengaran karena selalu mendapat paparan kebisingan saat bekerja. Bersiaplah untuk mengeluarkan dana sebesar $5000 untuk dua orang( bisa lebih murah bisa juga lebih mahal). Untuk meningkatkan kualitas pendengaran, anda juga harus terus melakukan perawatan berkala dengan kontrol ke audiolog guna mengetahui bagaimana kondisi pendengaran anda.

Model utama alat bantu dengar

1. BTE (behind the ear)

Ini adalah jenis alat pendengaran yang digunakan di sekitar telinga tepatnya di belakang telinga. Jenis ini menjadi jenis alat pendengaran yang paling umum yang banyak digunakan oleh kebanyakan orang yang mengalami permasalahan pendengaran. Mengenai bentuknya sangat beragam, ada yang sangat kecil ada juga yang ukurannya standar tergantung merek apa yang digunakan.

2. ITE (in the ear)

Alat bantu dengar ini benar-benar dipasang di bagian luar telinga anda. Mengenai bentuknya sudah disesuaikan dengan bentuk telinga sehingga ketika dikenakan terasa begitu pas. Jenis ini tidak banyak dipakai oleh anak-anak karena semakin bertambah usia, maka alat bantu dengar harus terus diganti dengan ukuran yang sesuai. Jadi kebanyakan jenis ini dipakai untuk orang-orang dewasa yang ukuran telinganya tetap.

3. ITC (in the canal)

Jika jenis sebelumnya digunakan pada bagian luar, maka untuk jenis ini justru dikenakan pada bagian dalam. Ada dua jenis model yang bisa dipilih yaitu ITC (in the canal) dan jenis alat bantu sepenuhnya terusan. Jenis ITC ini dibentuk khusus sesuai dengan ukuran saluran telinga pemakainya.

Ketika anda telah memutuskan untuk memilih model alat bantu dengar dan setelah anda memutuskan menentukan model alat bantu dengar, maka selanjutnya anda harus melakukan pengukuran atau penentuan cetakan telinga.
Setelah pengukuran biasanya anda harus menunggu selama dua minggu hingga alat bantu dengar anda jadi. Setelah jadi, maka alat bantu tersebut akan diperiksa kembali dengan dipasang pada telinga anda untuk mengetahui apakah anda nyaman menggunakannya atau tidak. Jika nantinya anda tidak merasa nyaman, maka alat tersebut akan dimodifikasi kembali hingga sesuai dengan harapan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.