Menjaga Alat Bantu Dengar Saat Musim Dingin

Musim dingin atau musim penghujan menjadi hal yang tidak dapat dihindari dan pasti datang setiap tahunnya. Musim tersebut identik dengan cuaca yang lembab dan basah. Bagi Anda yang menggunakan alat bantu dengar, musim dingin berarti mewajibkan Anda untuk melindungi dan menjaga alat bantu dengar tersebut agar terhindar dari udara dingin dan mencegah alat tersebut terpapar kelembaban.

Menjaga Alat Bantu Dengar Pada Udara Dingin

Pada dasarnya udara dingin tidak terlalu berpengaruh dengan kinerja alat bantu dengar. Pasalnya saat cuaca dingin, Anda tentu lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan. Sebenarnya bukan suhu dingin yang perlu

dikhawatirkan terhadap alat bantu dengar. Permasalahannya justru terletak pada kondensasi yang terjadi ketika terdapat perubahan suhu. Bukan tidak mungkin Anda akan berkeringat walaupun cuaca dingin misalnya jalan-jalan di luar atau melakukan olahraga outdoor. Bahkan walaupun Anda hanya sekedar berjalan – jalan atau jogging, perubahan suhu ketika Anda dari luar rumah menuju ke dalam rumah dapat menyebabkan kondensasi pada alat bantu dengar Anda.

Sekedar informasi, hal yang sama juga terjadi pada baterai yang disimpan di dalam kulkas. Udara dingin dapat merusak baterai. Jadi dengan alasan yang sama, hal itu juga dapat merusak alat bantu dengar Anda yaitu menyebabkan kondensasi yang dapat mengkorosi sehingga merusak label atau pengunci.

Menjaga Alat Bantu Dengar Dari Kelembaban

Kelembaban dapat menjadi musuh terburuk alat bantu dengar. Humiditas, keringat, embun, atau tidak sengaja terkena air di wastafel atau shower dapat merusak receiver dan mikrofon. Cairan tersebut dapat menyumbat saluran earmold dan suara serta menyebabkan korosi. Berikut ini adalah beberapa indikasi jika alat bantu dengar Anda mengalami kerusakan karena kelembaban.

  • Alat terputus ketika terdapat suara keras
  • Alat berhenti bekerja dan tiba – tiba menyala kembali
  • Adanya suara diiringi dengan statis
  • Suara terasa menghilang atau datang dan pergi
  • Suara tidak jelas atau terganggu

Ketika Anda mengalami salah satu masalah di atas pada alat bantu dengar Anda, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah mematikannya dan melepaskan baterainya. Hal – hal di atas dapat menyebabkan baterai perlu diganti dengan yang baru. Jadi coba gantilah dengan baterai baru. Hilangkan embun atau uap yang terdapat pada baterai dengan cotton bud. Pastikan earmold dan outlet suara tidak kotor oleh earwax dan saluran alat bantu dengar tersebut tidak retak.

Jika alat bantu dengar tersebut masih belum bekerja, cobalah beberapa saran berikut ini untuk mengeringkannya di rumah.

  • Anda dapat membeli hearing aid dry kit tau dehumidifier. Ikuti instruksi penggunaannya
  • Letakkan alat bantu dengar di atas koran selama 24 jam agar uap air yang ada di dalamnya keluar
  • Letakkan alat bantu dengar di dekat lampu meja. Tetapi pastikan alat tersebut tidak terlalu dekat dengan lampu atau sumber panas lainnya
  • Masukan alat dengar ke dalam plastik rapat yang di dalamnya telah diisi dengan beras atau silica gel. Diamkan selama semalaman. Beras dan gel silika dapat berperan sebagai dehumidifier alami dan menghilangkan air yang ada di dalam alat dengar Anda
  • Gunakan kipas angin atau hair dryer dengan pengaturan paling rendah

Be the first to comment

Leave a Reply