Model Alat Bantu Dengar dan Manfaatnya

Model Alat Bantu Dengar dan Manfaatnya
Bagikan

Fungsi pendengaran adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan pendengaran merupakan salah satu bagian penting di dalam kehidupan, yang menjadi sarana komunikasi antar satu individu dengan yang lain. Tak heran jika ada model alat bantu dengar yang disediakan untuk membantu pendengaran bagi orang yang membutuhkan.

Kebutuhan Alat Bantu Dengar

Hingga kini, fungsi pendengaran manusia biasanya akan mengalami penurunan seiring berjalannya waktu. Hal ini dapat disebabkan salah satunya karena faktor usia. Ada juga yang disebabkan karena kecelakaan atau pun trauma lainnya. Dengan adanya alat bantu dengar akan membantu sebagian orang untuk mendapatkan pendengaran yang lebih baik. Terlebih lagi saat ini sudah banyak tersedia berbagai model alat bantu dengar yang dijual.

Di Indonesia, sudah banyak orang yang menggunakan alat bantu dengar. Adanya model alat bantu dengar yang beragam juga memudahkan mereka dalam memilih mana yang kira-kira sesuai untuk kebutuhan pendengaran dan gaya hidup mereka. Tak hanya itu, hal seperti ini juga sudah tersedia dalam beberapa model. Sehingga, siapa pun bisa melihat macam-macam alat bantu dengar yang beredar di pasaran.

Dengan adanya model alat bantu pendengaran yang beragam juga merupakan salah satu bukti dari kecanggihan teknologi. Meski demikian, bukan berarti canggihnya teknologi tak menimbulkan celah. Tetap ada kekurangan dan kelebihan dari tiap model yang tersedia, sebagaimana bisa Anda ketahui dalam ulasan di bawah ini.

Macam-macam Model Alat Bantu Dengar

Seiring dengan berjalannya waktu, adanya model alat bantu dengar terus mengalami perkembangan dan inovasi. Oleh karena itu, sebagian orang yang memiliki masalah dalam pendengaran, mereka akan bisa terbantu dengan adanya alat ini. Bahkan, mereka bisa memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dari segi finansial.

Perlu Anda ketahui, model alat bantu dengar dapat membantu dalam menyamarkan keberadaan alat tersebut saat digunakan. Terlebih, untuk sebagian orang yang merasa kurang percaya diri dalam menggunakannya.

1. Behind the ear (BTE)

Model alat bantu pendengaran yang satu ini digunakan di belakang telinga. Model ini dapat digunakan untuk derajat gangguan pendengaran ringan sampai dengan yang sangat berat.

2. Receiver in canal (RIC)

Model ini dapat dikatakan sebagai versi mini dari dari BTE. Fungsi keduanya sama. Cara pemakaiannya juga sama-sama di belakang telinga. Hanya saja, yang menjadi pembeda terletak pada ukuran alat yang lebih kecil. Serta penggunaan ear-tip dan earmold yang membedakan.

3. In the ear (ITE)

Alat bantu dengar ini fungsinya sama seperti 2 di atas. Namun, ukurannya lebih kecil, sehingga bisa tampak lebih samar untuk digunakan.

4. In the canal (ITC)

Jika dibandingkan dengan alat bantu dengar ITE, ukuran ITC lebih kecil. Sehingga akan tampak lebih samar saat digunakan. Namun, kekurangan dari model ini adalah lebih rawan kotor, hal ini dapat menyebabkan bagian speaker-nya tersumbat.

5. Complete in the canal (CC)

Ukuran ini lebih kecil jika dibandingkan dengan ITE dan ITC. Alat bantu dengar ini tidak akan terlihat oleh orang lain saat sedang Anda gunakan. Selain itu, kekurangan dari model yang satu ini sama seperti ITC, yaitu rawan terhadap kotoran karena penggunaannya yang diletakkan didalam saluran telinga.

Itulah beberapa model alat bantu dengar yang bisa dipilih oleh penggunanya sesuai dengan kebutuhan. Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing, apakah Anda sudah mengetahui mana yang sekiranya paling cocok untuk Anda gunakan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.