Alat Bantu Pendengaran: Cara Memilih Yang Sesuai

Alat Bantu Pendengaran: Cara Memilih Yang Sesuai
Bagikan

Alat bantu pendengaran yang pas dan fine-tuning mungkin memerlukan beberapa konsultasi. Biaya alat bantu dengar ditentukan oleh model, ukuran, dan tingkat teknologi pemrosesan sinyal. Langkah – langkah untuk mendapatkan alat bantu pendengaran yang sesuai:

1. Tes Pendengaran (audiogram)

Langkah pertama adalah mengevaluasi pendengaran Anda. Seorang audiolog, seorang profesional yang berspesialisasi dalam mengevaluasi dan mengelola gangguan pendengaran, akan menentukan jenis dan tingkat gangguan pendengaran Anda dan dampaknya pada kemampuan Anda untuk berkomunikasi.

2. Izin Medis

Memperoleh izin medis dari dokter Anda adalah kepentingan kesehatan terbaik Anda. Anda harus memiliki pernyataan tertulis (izin medis) dari dokter Anda atau menandatangani pengabaian medis (hanya ketika tidak ada masalah telinga yang ditemukan) sebelum Anda dapat cocok dengan alat bantu dengar. Audiolog Anda akan memberitahu Anda jika Anda perlu mencari izin medis atau menandatangani surat pernyataan medis dapat diterima. Orang-orang yang lebih muda dari 18 tahun harus mendapat izin medis dari dokter, lebih disukai ahli THT, sebelum fit dengan alat bantu dengar.

3. Evaluasi Alat Bantu Dengar

Selama penunjukan ini, audiolog akan membahas berbagai jenis model alat bantu dengar, kemajuan teknologi terbaru, dan apa yang dapat Anda harapkan dari alat bantu dengar Anda. Bersama-sama, Anda dan audiolog akan memutuskan alat bantu dengar mana yang paling tepat untuk gaya hidup, kebutuhan komunikasi, dan anggaran Anda.

4. Pemasangan Alat Bantu Dengar

Anda akan kembali sekitar 1-3 minggu setelah evaluasi alat bantu dengar agar sesuai dengan perangkat baru Anda. Selama kunjungan ini, perangkat akan pas di telinga Anda dan diprogram untuk memenuhi kebutuhan komunikasi spesifik Anda. Perawatan, penggunaan, dan pemeliharaan alat bantu dengar yang tepat akan ditinjau. Anda akan diberikan waktu yang cukup untuk berlatih memasukkan dan melepaskan alat bantu dengar, mengganti / mengisi baterai, dan / atau mengoperasikan fitur tambahan apa pun yang spesifik untuk perangkat Anda.

5. Pemberian Alat Bantu Dengar

Selama periode Right-To-Return Anda, janji pemberian / pemasangan akan dijadwalkan. Kunjungan ini mungkin melibatkan penyesuaian alat bantu dengar yang akan didasarkan pada umpan balik dan diskusi Anda dengan audiolog. Sangat penting bagi Anda untuk membawa ke janji temu setiap masalah spesifik yang Anda miliki atau masalah yang Anda alami sehingga mereka dapat ditangani. Penggunaan dan perawatan yang tepat dari perangkat akan diverifikasi dan ditinjau, jika perlu. Kesempatan yang cukup akan tersedia untuk menjawab pertanyaan yang Anda miliki.

CATATAN: Setelah alat bantu dengar dianggap dikeluarkan, perangkat tidak lagi dapat dikembalikan untuk ditukar atau dikembalikan.

6. Pemeriksaan Alat Bantu Dengar

Setelah alat bantu dengar dibagikan, semua kunjungan tindak lanjut dianggap sebagai pemeriksaan alat bantu dengar. Penunjukan ini dijadwalkan sesuai kebutuhan karena berbagai alasan. Anda dapat menjadwalkan pemeriksaan alat bantu dengar untuk masalah tertentu atau pembersihan umum dan periksa. Anda mungkin memerlukan lebih dari satu kunjungan tindak lanjut untuk mendapatkan alat bantu dengar Anda “disesuaikan”. Harap diingat bahwa alat bantu dengar hanyalah alat pendengaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Anda. Mereka tidak dapat menyelesaikan semua kesulitan komunikasi Anda. Untuk memaksimalkan komunikasi, Anda juga perlu menggunakan strategi komunikasi seperti:

  • Saat berkomunikasi. Mengawasi orang yang sedang berbicara – mulut mereka, ekspresi wajah mereka dan bahasa tubuh mereka
  • Pengurangan kebisingan suara latar belakang. Pindah ke tempat yang lebih tenang atau kurangi sumber suara yang bersaing seperti TV atau radio
  • Penggunaan konteks. Jika Anda tahu topiknya, Anda akan dapat ‘mengisi’ kekosongan atau kata-kata yang tidak Anda mengerti
  • Penggunaan aksesori. Smartphone dapat digunakan sebagai mikrofon jarak jauh atau kontrol jarak jauh untuk menyempurnakan perangkat Anda untuk lingkungan pendengaran tertentu. Perangkat yang terhubung ke televisi, komputer / tablet, atau telepon Anda juga tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.