Memilih Alat Bantu Dengar Terbaik

Saat ini telah banyak tersedia tipe alat bantu dengar, namun manakah alat bantu dengar terbaik untuk Anda? Memiliki harapan untuk mendapat alat bantu dengar yang terbaik merupakan hal yang wajar. Mengingat sebagai konsumen, Anda akan mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Namun dalam praktiknya, Anda pasti akan merasa cukup bingung dan khawatir tentang bagaimana cara memilih alat bantu dengar yang terbaik.

Ada keraguan tersendiri apakah alat bantu dengar yang kita beli akan benar-benar membantu atau tidak. Berikut adalah beberapa pertimbangan yang bisa sedikit membuat Anda mendapatkan pemahaman tentang bagaimana memilih alat bantu dengar yang tepat :

  1. Pilihlah alat bantu dengar sudah banyak tersedia.
  2. Tentukan fitur apa saja yang Anda cari ketika membeli sebuah alat bantu dengar.
  3. Bagaimana mendapatkan manfaat dari alat yang Anda pilih tersebut.

Memilih Alat Bantu Dengar Terbaik

Penggunaan alat bantu dengar tidak memberikan efek yang sama dengan pendengaran normal. Alat bantu dengar hanya akan meningkatkan kualitas pendengaran Anda. Dimana alat ini akan memperbesar suara-suara yang lemah atau lembut, sehingga membantu Anda untuk mendengarkan suara dengan lebih jelas.

Bagaimana Alat Bantu Dengar Bekerja

Memilih Alat Bantu Dengar TerbaikAlat bantu dengar menggunakan bagian dasar yang sama untuk membawa suara dari lingkungan ke dalam telinga dan membuat suara menjadi lebih keras. Saat ini sudah banyak tersedia alat bantu dengar digital. Dan semuanya diperkuat dengan daya baterai khusus untuk alat bantu dengar.

Terdapat mikrofon kecil yang akan mengumpulkan suara dari lingkungan sekitar. Sebuah chip komputer dengan amplifier berfungsi mengubah suara yang masuk menjadi sinyal listrik. Kemudian chip ini akan menganalisis dan mengatur suara berdasarkan gangguan pendengaran Anda, mendengar suara-suara yang dibutuhkan, dan mengetahui level suara yang ada di sekitar. Sinyal dari amplifier kemudian diatur kembali di dalam gelombang suara dan diantarkan ke telinga Anda menggunakan speaker atau pengeras suara.

Model Alat Bantu Dengar Terbaik

Alat bantu dengar saat ini memiliki model yang sangat bervariasi dan harga yang sesuai dengan kualitas, bentuk, fitur, serta cara penggunaannya di telinga.

CIC atau mini CIC (Completely In the Canal)

Alat bantu dengar CIC ini dibuat sesuai dengan ukuran saluran telinga Anda. Fungsinya adalah untuk meningkatkan kualitas pendengaran.

Memilih Alat Bantu Dengar TerbaikCIC memiliki ciri-ciri :

  • Ukurannya kecil dan hampir tidak terlihat saat digunakan.
  • Mampu mengurangi penangkapan suara angin di lingkungan sekitar sehingga tidak akan mengganggu kualitas suara yang masuk.
  • Menggunakan baterai yang sangat kecil, namun memiliki daya yang lebih rendah.
  • Tidak memiliki fitur ekstra, seperti kontrol suara atau sinyal mikrofon.
  • Bagian pengeras suaranya mudah kotor.
ITC (In the Canal)

Alat bantu dengar ITC juga dicetak sesuai dengan ukuran saluran telinga. Model alat bantu dengar ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendengaran.

ITC ini memiliki ciri-ciri :

  • Sedikit tidak kelihatan daripada bentuk lain yang lebih besar.
  • Terdiri dari fitur yang disesuaikan dengan ukuran saluran telinga.
  • Mudah terkena debu.

Be the first to comment

Leave a Reply