Memilih Alat Bantu Dengar yang Baik, Berikut ini Tipsnya

memilih alat bantu dengar

Ketika anda mengalami gangguan pendengaran, dan di sarankan untuk memakai alat bantu dengar. Proses memilih alat bantu dengar yang baik adalah sesuatu yang membingungkan. Jika Anda merasa membutuhkan alat bantu dengar (hearing aid),  Alat bantu dengar dapat membuat peningkatan besar dalam kualitas hidup Anda. Alat bantu dengar modern seperti komputer mini untuk membantu meningkatkan frekuensi suara yang Anda dengar serta memperkuat suara itu.

Tips Memilih Alat Bantu Dengar (Hearing Aid)

Berikut adalah lima tips untuk membantu memilih alat bantu dengar yang tepat.

Kunjungi Audiolog

Anda harus memiliki uji pendengaran yang menyeluruh sebelum membeli alat bantu dengar atau hearing aid. Audiolog adalah seorang profesional terlatih dengan gelar sarjana yang dapat melakukan pemeriksaan fisik telinga Anda bersama dengan beberapa tes pendengaran lainnya. Seorang audiolog dapat mengevaluasi alasan mengapa pendengaran Anda menurun dan menentukan cara terbaik untuk melakukan perbaikan, menawarkan konseling dan bimbingan.

Kenali Jenis Gangguan Pendengaran Anda

Sensorineural

Jenis gangguan pendengaran yang paling umum adalah sensorineural, dan itu terjadi ketika rambut kecil dan saraf di telinga bagian dalam Anda menjadi rusak. Suara keras, usia, pengobatan, penyakit, genetika, atau trauma adalah penyebab potensial gangguan pendengaran sensorineural.

Konduktif

Gangguan pendengaran konduktif lebih jarang terjadi, dan itu terjadi ketika sejenis penghalang fisik menghalangi suara untuk lewat ke telinga bagian dalam. Obstruksi seperti lilin, cairan, benda asing, trauma, atau bahkan gendang telinga yang pecah dapat menyebabkan gangguan pendengaran jenis ini.

Gangguan Pendengaran Campuran

Kadang-kadang gangguan pendengaran dapat merupakan kombinasi dari gangguan pendengaran sensorineural dan konduktif: ini disebut gangguan pendengaran campuran. Kondisi langka lainnya juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran, seperti tinnitus (dering di telinga) .

Apa pun jenis gangguan pendengaran yang Anda alami, selalu ada alat bantu dengar(hearing aid) yang sesuai untuk Anda.

Ketahui Berbagai Gaya Alat Bantu Dengar

Ada empat gaya umum alat bantu dengar dan masing-masing memiliki manfaatnya. Mereka adalah: invisible-in-canal (IIC), kanal in-the-ear (ITC), in-the-ear (ITE) dan alat bantu dengar di belakang telinga (BTE). Perangkat pertama, IIC, sangat kecil sehingga duduk di dalam saluran telinga dan tidak bisa dilihat. Gaya ITC dan ITE berada di bagian dalam telinga luar Anda dan menawarkan lebih banyak fitur (karena lebih besar). Alat bantu dengar BTE mungkin yang paling dikenal – alat bantu ini duduk di belakang telinga dengan tabung yang membentang di atas telinga. Di ujung tabung ada mikrofon yang dimasukkan ke dalam saluran telinga. Setiap gaya alat bantu dengar atau hearing aid, menawarkan manfaat  tersendiri dan audiolog Anda dapat mendiskusikan detailnya dengan Anda.

Sesuaikan dengan Gaya Hidup

Berbagai gaya alat bantu dengar ini memiliki banyak fitur yang dapat memberikan keuntungan bagi gaya hidup Anda. Ini termasuk mikrofon directional, kontrol volume otomatis, pengurang kebisingan dan umpan balik, dan baterai yang tahan lama. Ada fitur tambahan yang dapat membantu pekerjaan atau hobi, seperti alat bantu dengar kedap air, streaming nirkabel untuk terhubung ke ponsel dan pemutar musik digital, atau generator suara untuk membantu menutupi tinitus (dering di telinga).

Tidak Melebihi Budget yang Anda Miliki

Alat bantu dengar (hearing aid) merupakan investasi penting. Tentu saja ada alasan yang sangat bagus mengapa harganya terkadang sangat tinggi, terutama ketika Anda memikirkan semua fitur yang tersedia untuk meningkatkan pendengaran Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang alat bantu dengar dan berapa biaya yang ditawarkan, Audiologis Anda akan siap membantu Anda menemukan alat bantu dengar yang tepat sesuai anggaran yang Anda miliki. Anda hanya perlu berkata jujur pada audiolog Anda tentang besaran biaya yang Anda miliki untuk mendapatkan sebuah hearing aid dengan fungsi maksimal.

Seorang audiolog akan memberikan saran terkait fitur penting yang Anda butuhkan sementara yang lain mungkin  hanya bersifat opsional.

Ke 5 kiat untuk membantu memilih alat bantu dengar (hearing aid) yang tepat  di atas, harus dapat menjadi acuan dan membantu memberikan informasi dasar yang Anda butuhkan sebelum memutuskan untuk membelinya. Teman dan keluarga juga merupakan sumber informasi yang bagus, yang bisa Anda mintai pendapat. Ingatlah,  bahwa audiolog maupun tenaga profesional perawatan pendengaran lainnya  akan merekomendasikan alat bantu dengar terbaik untuk kebutuhan Anda dan meninjau cara merawat dan membersihkan unit Anda. Ia dapat melakukan perbaikan kecil dan selalu tersedia untuk menjawab pertanyaan Anda.

Sumber : https://scentmd.com/blog/4-tips-to-help-choose-the-right-hearing-aid