Menikmati Musik dengan Alat Bantu Dengar Anda

Setiap orang yang pergi nonton konser musik, mendengarkan lagu favoritnya di rumah, atau memainkan alat musik tentunya ingin berkonsentrasi penuh pada musiknya. Hal ini juga berlaku pada mereka yang mengalami gangguan pendengaran, ingin menikmati musik dengan alat bantu dengar. Bagaimanapun, para pengguna alat bantu dengar sering merasakan bahwa mendengarkan dengan alat bantu dengar mengurangi kekompleksan musik yang mereka dengarkan dan hal itu membuat mereka merasa frustasi, padahal di sisi lain mereka sangat ingin mendengarkan musik. Mengapa alat bantu dengar dapat membantu penggunanya mendengarkan dengan jelas dalam percakapan, namun kualitasnya menurun drastis ketika melibatkan musik dan memperburuk pengalaman mendengarkan musik?

 

Perbedaan signifikan antara percakapan verbal dan suara instrumen

Suara musik sangat bervariasi jika dibandingkan dengan suara orang yang berbicara. Peneliti telah menemukan perbedaan signifikan antara keduanya yang pada akhirnya menjelaskan kenapa sangat tidak mudah mendengarkan musik dengan menggunakan produk bantuk dengar.

Ucapan manusia diciptakan dari seperangkat tabung dan rongga yang menghasilkan sistem atau bidang vokal. Apapun bahasa yang digunakan, pada dasarnya suara yang dikeluarkan orang bicara adalah relatif sama. Artinya spektrum suara dari orang yang bicara bisa dibilang sama, terbatas, dan konsisten. Sehingga ketika sebuah alat diciptakan untuk membantu mendengar suara orang bicara, targetnya sudah jelas. Sedangkan ketika kita bicara tentang musik, spektrum musik nyatanya lebih luas kompleks. Instrumen yang berbeda sangat mungkin dan mampu untuk menghasilkan suara yang bervariasi, baik dari suaranya, frekuensinya, dan juga kuat-lemah suara. Maka dari itu tugas para pencipta alat bantu dengar ini akan makin sulit.

Tujuan utama dari alat bantu dengar adalah untuk membuat suara orang bicara terdengar makin jelas untuk orang yang mengidap gangguan pendengaran. Namun ketika menyinggung area musik, tantangan paling dasar adalah perspektif orang tentang kualitas suara musik sangatlah subjektif.

 

Signia punya solusinya

Teknologi spesial untuk musik sekarang dapat diaktifkan hanya dengan menekan sebuah tombol. Dengan mengintegrasikan beberapa program musik yang berguna untuk mengidentifikasi suara musik di berbagai situasi dapat membawa Anda menikmati live musik. Ketika menonton konser dengan sangat jelas, detail dengan kualitas HD, apapun genre musiknya seperti rock, resital klasik, dan lainnya. Program lainnya juga dapat digunakan untuk mendengarkan musik yang direkam atau digital. Sehingga Anda dapat menikmati septiap not dan suara dari musik koleksi Anda di rumah. Dan jika Anda seorang penyanyi dan musisi dengan kesulitan mendengar, setting khusus yang tersedia akan membantu Anda mengapresiasi  setiap nuansa dari pertunjukan Anda dan partner dengan cakupan yang luas dan dinamis.

Musik mewarnai hidup kita. Menggunakan alat bantu dengar bukan berarti Anda harus merasa dilupakan. Setiap orang berhak mendengarkan dan menikmati musik.

Be the first to comment

Leave a Reply