Alat Bantu Dengar Tanpa Kabel dan Lebih Stylish

Teknologi nirkabel atau tanpa kabel telah mengubah alat bantu dengar menjadi lebih baik. Pelajari tentang fitur alat bantu dengar tanpa kabel yang membantu Anda tetap terhubung dengan orang lain, teknologi favorit, dan dunia Anda.

Di dunia modern, kita mengandalkan ponsel, tablet, dan perangkat tanpa kabel lainnya untuk membuat kita tetap terhubung dengan keluarga, teman, dan tempat kerja kita sepanjang hari, setiap hari. Perangkat ini menggunakan teknologi nirkabel untuk mentransmisikan sinyal melalui udara melalui titik penerimaan. Yang pada akhirnya mengirimkan pesan kepada penerima tanpa kabel. Teknologi ini telah mengubah banyak hal dalam kehidupan kita sehari-hari, dan alat bantu dengar tidak terkecuali.

Teknologi tanpa kabel meningkatkan alat bantu dengar dalam dua cara:

  • Dengan membuatnya lebih mudah terhubung dengan dunia di sekitar Anda, serta perangkat favorit Anda, seperti smartphone
  • Meningkatkan bagaimana alat bantu dengar terhubung satu sama lain (alat bantu dengar modern sekarang dapat memberikan suara sebagai pasangan kolaboratif, bukan secara terpisah)
Bagaimana Alat Bantu Dengar Tanpa Kabel Terhubung ke Perangkat Lain?

Alat bantu dengar nirkabel mampu berkomunikasi secara nirkabel dengan perangkat eksternal. Ada berbagai teknologi yang memungkinkan hal ini, yang paling umum adalah telecoil (t-coils) yang bekerja dengan loop pendengaran, modulasi frekuensi (FM) dan Bluetooth.

Teknologi telecoil

Beberapa teknologi ini telah ada beberapa saat. Seperti penggunaan medan elektromagnetik yang dapat diambil oleh antena dalam alat bantu dengar Anda, yang disebut telecoil. Medan elektromagnetik dapat dibuat di ruangan dengan memasang apa yang disebut loop induksi di sekeliling. Siapapun di ruangan yang mengenakan alat bantu dengar yang lengkap dapat dengan mudah beralih ke pengaturan telecoil untuk kemudahan mendengar. Banyak ruang publik menggunakan teknologi ini untuk memastikan akses bagi semua individu dengan gangguan pendengaran — misalnya, bioskop dan bandara. Di tempat-tempat dengan loop pendengaran, headphone mungkin disediakan untuk mereka yang memiliki kesulitan mendengar tetapi tidak memiliki alat bantu dengar.

Dengan kemajuan dalam alat bantu dengar nirkabel, telecoil dapat digunakan untuk keuntungan yang lebih besar. Sebuah telecoil di alat bantu dengar nirkabel mungkin dapat mengambil sinyal dari ponsel yang diletakkan di dekat salah satu alat bantu dengar dan kemudian mengalirkan sinyal ke alat bantu dengar lainnya. Tidak hanya fitur ini memungkinkan pemakai untuk mendengar penelepon melalui kedua alat bantu dengar, secara efektif karena tidak terdengar kebisingan sekitar di dalam ruangan.

Kompatibilitas FM

Sistem FM tradisional terdiri dari pemancar (mikrofon) yang dikenakan oleh orang yang berbicara dan penerima yang harus dipasang pada alat bantu dengar pemakai.

Dalam alat bantu dengar nirkabel, penerima FM mungkin tertanam di prosesor sehingga penerima eksternal tidak diperlukan. Dengan penerima FM yang ada di dalam banyak alat bantu dengar nirkabel, alat ini menjadi jauh lebih nyaman digunakan. Pemancar FM dapat dibawa bersama Anda ke pertemuan bisnis, makan malam bersama keluarga atau ruang kuliah. Pemancar menjadi perpanjangan dari mikrofon alat bantu dengar Anda, sangat meningkatkan kemampuan Anda untuk mendengar di banyak lingkungan dimanapun.

Sistem FM sangat penting di ruang kelas untuk anak-anak dengan gangguan pendengaran. Dengan pemancar yang dikenakan di kerah, suara guru dapat dengan jelas disampaikan kepada anak (atau anak-anak) dengan alat bantu dengar saat guru berjalan di sekitar ruangan.

Bluetooth

Bluetooth adalah teknologi yang cukup baru yang mengubah alat bantu dengar secara besar-besaran. Alat bantu dengar nirkabel pendahulunya di pasaran dapat dipasangkan dengan perangkat Bluetooth dengan menggunakan perangkat perantara. Perangkat ini, yang disebut streamer, dapat menerjemahkan sinyal Bluetooth menjadi sinyal yang dapat diambil oleh penerima FM atau telecoil. Misalnya, alat bantu dengar nirkabel Anda mungkin terhubung ke streamer yang kemudian dihubungkan melalui Bluetooth ke ponsel Anda. Ketika Anda memiliki panggilan telepon, streamer akan menunjukkan panggilan masuk dan memungkinkan Anda untuk mengaktifkan relay sinyal audio secara langsung ke alat bantu dengar Anda.

Alat bantu dengar terbaru yang kompatibel dengan Bluetooth dapat langsung berkomunikasi dengan perangkat iPhone terbaru Apple. Android juga bekerja pada komunikasi langsung dengan alat bantu dengar.

Be the first to comment

Leave a Reply