Alat Bantu Dengar Tanpa Kabel

Alat Bantu Dengar Tanpa Kabel

Teknologi nirkabel / tanpa kabel pada alat bantu dengar telah mengubah banyak hal dalam kehidupan sehari-hari. Di kehidupan yang serba modern seperti sekarang ini, masyarakat telah sangat terbantu dengan kehadiran tablet, smartphone, dan berbagai perangkat nirkabel untuk memungkinkan Anda tetap terhubung dengan teman, keluarga, dan tempat kerja sepanjang hari. Alat – alat tersebut menggunakan sinyal yang disalurkan lewat udara dan diterima oleh penangkap sinyal untuk mengirimkan pesan kepada penerima tanpa harus menggunakan kabel.

Kualitas Suara

Teknologi wireless atau tanpa kabel (nirkabel) memungkinkan dua alat bantu dengar beroperasi bersama sebagai satu kesatuan sistem. Suara yang didengar masuk melalui kedua alat bantu dengar yang kemudian diproses secara digital. Sebagai contoh, jika alat bantu dengar seseorang telah diatur untuk mode tertentu. Maka kedua alat tersebut akan secara otomatis beralih ke mode tersebut dalam waktu yang sama. Proses transfer data pada alat bantu dengar nirkabel terhitung hanya dalam nanosecond yaitu lebih cepat daripada kemampuan otak manusia untuk mendeteksinya. Bagi para pengguna, setelan yang dilakukan akan langsung berfungsi saat itu juga. Suara yang diproses akan disinkronisasi di antara dua alat bantu dengar tersebut sehingga akan meningkatkan kualitas suara bagi para penggunanya.

Lokalisasi / Penempatan

Manusia diciptakan dengan dua telinga tentu bukan tanpa alasan. Telinga dilengkapi dengan binaural untuk menemukan sumber lokasi suara dengan cepat karena otak menganalisa perbedaan level dan waktu yang diterima dari setiap sisi kepala. Penempataan adalah salah satu alasan mengapa para audiolog menyarankan para pasien menggunakan dua alat bantu dengar yang mempengaruhi kedua telinga. Alat bantu dengar tradisional memang masih memproses suara secara independen berdasarkan tingkat gangguan pendengaran di setiap telinga. Namun hal ini dapat menyebabkan pengguna kesulitan dalam menentukan lokasi sumber suara karena perbedaan level dan suara kadang hilang. Alat bantu dengar tanpa kabel (nirkabel) membantu mengatasi masalah tersebut.

Kenyamanan

Kemampuan nirkabel saat ini telah menjadi salah satu fitur alat bantu dengar yang meningkatkan kenyamanan para penggunanya. Beberapa alat dengar nirkabel dapat diatur sedemikian rupa. Sehingga jika pengguna memilih suatu program atau mengganti volume suara pada perangkat, perubahan tersebut secara otomatis diimpelementasikan pada kedua sisi alat dengar. Fitur lainnya adalah kehadiran set untuk mengatur program dan volume sehingga menghemat tempat untuk penempatan tombol – tombol pada setiap perangkat.

Konektivitas

Alat bantu dengar tanpa kabel kadang dapat digunakan untuk berkomunikasi secara nirkabel dengan perangkat eksternal. Saat ini sudah berbagai teknologi yang memungkinkan hal tersebut di antaranya adalah Bluetooth dan FM. Teknologi tersebut sudah ada selama beberapa waktu seperti penggunaan medan elektromagnet yang dapat diterima oleh antenna di alat bantu dengar Anda yang disebut dengan telekoil. Telekoil ini dapat memberikan manfaat yang sangat banyak seperti menangkap sinyal dari telepon di dekat alat bantu dengar dan menghilangkan suara – suara berisik dari ruangan.

Be the first to comment

Leave a Reply