Berbagai Macam Fungsi Alat Bantu Dengar

Fungsi alat bantu dengar utamanya adalah untuk mendukung proses pendengaran bagi para penderita gangguan pendengaran. Dari semua panca indera yang ada, telinga merupakan suatu panca indera yang lekat sekali dengan kehidupan sosial. Dalam kehidupan sehari-hari, kita berkomunikasi dengan menggunakan telinga untuk mendengar dan mulut untuk berbicara. Tanpa telinga yang befungsi dengan baik, komunikasi pasti akan terganggu.

Fungsi Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar tentu saja berfungsi untuk membantu pendengaran. Namun seiring berkembangnya zaman dan bertambahnya aktifitas manusia, alat bentu dengar dituntut untuk memiliki fungsi yang lebih dari sekadar “mengeraskan suara yang masuk ke telinga”. Apa saja fungsi alat bantu dengar selain mengeraskan suara?

Memilah suara yang harus dikencangkan

Pernahkah Anda berbicara dengan seseorang di tengah lingkungan yang ramai dan berisik? Anda pasti akan cenderung berkonsentrasi pada suara orang tersebut dan mengabaikan keramaian di sekitar. Sehingga suara orang tersebut lebih jelas dibandingkan suara ‘mengganggu’ lainnya. Fungsi inilah yang dimiliki alat bantu dengar digital generasi terbaru. Yaitu memilah suara mana yang harus diamplifikasi.

Melokalisasi suara

Alat bantu dengar dengan teknologi terbaru dilengkapi dengan directional microphone. Fitur ini dapat melokalisasi asal suara dan mendahulukan suara yang berada di depan pengguna untuk diamplifikasi. Sehingga suara yang berasal dari depan akan terdengar lebih kencang dibanding dari sisi lain. Dengan begitu, pengguna dapat berbicara berhadapan secara nyaman dengan lawan bicara sekalipun di tempat yang ramai.

Mendengar lebih banyak dari mana saja

Anda pasti tidak asing lagi dengan penggunaan ponsel, MP3 player, dan televisi. Hal ini menjadi tantangan bagi produsen alat bantu dengar untuk mengembangkan produk yang ramah dengan teknologi lainnya dan ditemukanlah solusi berupa Bluetooth. Saat ini sudah tersedia banyak alat bantu dengar yang dapat dihubungkan langsung dengan ponsel, MP3 player, atau televisi melalui Bluetooth.

Memantau kebutuhan pendengaran

Alat bantu dengar terkini memiliki memori dengan kapasitas yang baik untuk memantau kebutuhan pendengaran Anda. Alat bantu dengar mampu mengingat berapa jam Anda menggunakannya dalam sehari, volume yang biasa Anda gunakan, berapa kali Anda mengecilkan atau mengeraskan volume dalam sehari, dll. Bahkan beberapa alat bantu dengar mampu mengenali lingkungan dan mengatur dirinya secara otomatis untuk jenis lingkungan yang berbeda-beda agar sesuai dengan kebutuhan pendengaran Anda.

Dengan fungsi-fungsi tambahan ini, seseorang dengan gangguan pendengaran dapat merasakan banyak manfaat, seperti rasa percaya diri, efektivitas kerja, keleluasaan beraktivitas, bahkan penggunaan alat bantu dengar juga dapat meningkatkan kinerja otak, meningkatkan daya ingat, dan juga kemampuan berbicara – dengan kata lain, alat bantu dengar dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang dengan gangguan pendengaran.

Be the first to comment

Leave a Reply