Cara Kerja Alat Bantu Dengar Membantu Anda Mendengar

Cara kerja alat bantu dengar – Alat bantu dengar adalah alat elektronik kecil yang dikenakan di dalam atau di belakang telinga untuk membantu dan meningkatkan pendengaran, pemahaman bicara, komunikasi, dan kualitas hidup secara keseluruhan. Semua alat bantu dengar, terlepas dari gaya atau ukurannya, memiliki komponen dasar yang sama: mikrofon, amplifier, penerima, dan baterai. Bersama-sama, bagian-bagian ini membuat suara lebih keras dan lebih jelas bagi pengguna.

Setiap Alat Bantu Dengar Memiliki Empat Komponen Utama

Mikropon

Komponen utama pertama dari setiap alat bantu dengar adalah mikrofon alat bantu dengar, yang mengambil suara dari lingkungan sekitarnya dan mengubahnya menjadi sinyal listrik.

Amplifier

Penguat alat bantu dengar meningkatkan daya keseluruhan atau kenyaringan sinyal yang diterima dari mikrofon. Filter khusus dan equaliser memodifikasi suara, sehingga hanya suara yang relevan bagi pengguna yang diperkuat.

Receiver / Penerima

Komponen utama alat bantu dengar lainnya adalah penerima, juga dikenal sebagai pembicara. Itu mengubah sinyal listrik dari mikrofon menjadi sinyal akustik yang didengar oleh pengguna.

Baterai

Baterai berfungsi sebagai sumber daya untuk alat bantu dengar. Alat bantu dengar biasanya membutuhkan baterai khusus yang tersedia dalam berbagai ukuran. Baterai alat bantu dengar biasanya berlangsung antara 5 hingga 14 hari. Umur baterai bervariasi tergantung pada ukuran baterai, kebutuhan pengguna, perangkat pendengaran, kompleksitas lingkungan pendengaran pengguna, jumlah penggunaan dan banyak lagi. Saat ini, semakin banyak alat bantu dengar sekarang dengan baterai yang dapat diisi ulang.

Banyak Alat Bantu Dengar Memiliki Bagian-bagian Umum Ini

Cara kerja alat bantu dengar saling berkaitan satu dengan komponen lainnya saling melengkapi. Tergantung pada ukuran dan gaya, beberapa alat bantu dengar mungkin memiliki bagian tambahan. Ini biasanya diputuskan dan dipesan dengan dokter, berdasarkan gaya hidup pengguna, kebutuhan, gangguan pendengaran, dll. Beberapa contohnya adalah: earmold, ear hook, ventilasi udara, kontrol volume, kontrol memori, telecoil, dan pelindung kotoran telinga.

Ear Hook

Ini adalah lampiran plastik bening yang menghubungkan ke perangkat dan loop di bagian atas telinga. Kait telinga menempelkan alat bantu dengar ke pipa. Bagian ini hanya dapat ditemukan pada perangkat Behind-The-Ear (BTE).

Earmold

Sebuah earmold adalah kebiasaan di telinga bagian yang melekat pada alat bantu dengar untuk membantu mengandung suara dalam telinga pemakainya. Penutup telinga khusus dibuat dari kesan telinga, diambil oleh dokter. Apakah seseorang membutuhkan cetakan telinga adalah keputusan terbaik yang dibuat dengan profesional pendengaran Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply