Jenis Alat Bantu Dengar

Berbagai jenis alat bantu dengar sudah banyak tersedia saat ini di pasaran. Yang pertama adalah alat bantu dengar analog. Alat bantu dengar jenis ini merupakan satu-satunya bentuk dari alat bantu dengar sebelum adanya perkembangan teknologi alat bantu dengar digital. Saat ini, ada berbagai alat bantu dengar yang bisa Anda pilih di pasaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pendengaran Anda.

Pada dasarnya, baik alat bantu dengar analog maupun alat bantu dengar digital keduanya memiliki komponen yang serupa. Kedua jenis alat bantu dengar ini sama-sama menangkap suara dengan menggunakan mikrofon. Suara ini selanjutnya diteruskan ke amplifier yang berfungsi untuk mengeraskan suara. Kedua jenis alat bantu dengar ini menggunakan baterai dan juga receiver untuk mengirimkan suara menuju telinga. Lebih jelasnya, perbedaan dari alat bantu dengar digital dan analog ini keduanya terletak pada teknologi yang digunakan untuk mengeraskan suara.

 

Jenis Alat Bantu Dengar – Analog

Alat bantu dengar analog bekerja dengan cara membuat gelombang suara terdengar lebih jelas secara terus menerus. Alat ini juga mengeraskan semua suara baik itu suara pembicaraan ataupun juga suara kebisingan di sekitar. Beberapa alat bantu dengar analog juga memiliki chip kecil yang digunakan untuk menyimpan berbagai pengaturan program untuk berbagai lingkungan pendengaran.

Dengan menggunakan pengaturan ini, pengguna bisa mengubah pengaturan alat bantu dengar dari lingkungan yang sangat sunyi seperti halnya perpustakaan menuju ruangan yang bising seperti halnya restaurant, ke pengaturan untuk mengeraskan suara seperti saat di stadion basket atau konser. Program ini bisa diubah oleh pengguna dengan mengoperasikan tombol pada alat bantu dengar.

Keuntungan Dari Alat Bantu Dengar Analog

  1. Alat bantu dengar analog terbilang lebih terjangkau harganya dibandingkan dengan digital.
  2. Lebih kuat dibandingkan dengan yang digital.
  3. Penggunaan yang lebih awet dibandingkan dengan yang digital.

Jenis Alat Bantu Dengar – Digital

Secara umum. alat bantu dengar digital hadir dengan segala fitur yang sama seperti alat bantu dengar analog yang bisa diprogram. Dalam hal ini perbedaan hanya terletak pada cara mengubah gelombang suara menjadi sinyal digital yang akan memproduksi peniruan yang tepat atas setiap suara sebagai gantinya dari tindakan mengeraskan suaranya. Penggunaan chip komputer akan digunakan sebagai analisa suara dan jenis suara lainnya sehingga akan memberikan proses yang memnyeluruh dan detail atas suara selama alat bantu dengar digunakan.

Penggunaan alat bantu dengar digital dapat mengurangi suara bising di sekitar. Alat bantu dengar digital biasanya memiliki berbagai pilhan program. Program pengaturannya sangatlah fleksibel dan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Saat ini orang-orang dengan gangguan pendengaran disarankan untuk menggunakan alat bantu dengar digital.

Keuntungan Dari Alat Bantu Dengar Digital : 

  1. Mampu mengurangi kebisingan di sekitar.
  2. Bisa diprogram untuk berbagai lingkungan.
  3. Sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Pastikan Anda selalu waspada dalam membeli alat bantu dengar yang dijual dengan harga murah. Sebab bisa saja alat bantu dengar tersebut dibuat tidak sesempurna yang aslinya. Dengan kata lain, ada beberapa komponen yang tersisihkan. Oleh sebab itu, belilah dari perusahaan yang ternama. Terkait dengan analog dan digital, Anda bisa menyesuaikan dengan tingkat keparahan ataupun juga ketersediaan niaya Anda saat ini.

Be the first to comment

Leave a Reply