Teknologi Alat Bantu Dengar Terbaru

Permasalahan gangguan pendengaran merupakan hal yang sudah banyak terjadi di beberapa negara salah satunya di Indonesia. Dalam hal ini, menurut survey nasional di tahun 1994-1996, disebutkan bahwa gangguan pendengaran di Indonesia mencapai tingkatan 18,5% atau setara dengan total jumlah penduduk sebanyak 40,5 juta jiwa.

Bahkan yang lebih mengejutkannya lagi, Indonesia menempati urutan ke-4 di Asia Tenggara sebagai negara dengan jumlah penderita gangguan pendengaran terbanyak. Dengan jumlah angka yang sangat besar ini, membuat alat bantu dengar menjadi hal yang sangatlah penting untuk membantu pendengaran mereka yang mengalami masalah gangguan pendengaran. Melalui pemanfaatan alat bantu dengar, diharapkan terjadi peningkatan dari kualitas komunikasi diantara mereka yang mengalami gangguan pendengaran dan mereka yang memiliki pendengaran normal.

Terkait dengan peranan penggunaan alat bantu dengar yang saat ini sudah cukup banyak digunakan sebagai solusi untuk gangguan pendengaran, saat ini telah tersedia berbagai jenis alat bantu dengar yang dapat dijumpai di pasaran. Seiring berkembangnya teknologi, alat bantu dengar dengan model terdahulu sudah kurang mampu mendukung terciptanya komunikasi yang baik.

Permasalahan yang biasanya terjadi pada alat bantu dengar model terdahulu adalah kurang maksimalnya suara yang bisa ditangkap karena berbagai alasan, diantaranya seperti munculnya suara bising yangtidak dapat diredam, sehingga penderita gangguan pendengaran mengalami kesulitan dalam menangkap suara yang seharusnya didengar.

 

Hal Baru Dari  Teknologi Alat Bantu Dengar

Untuk mengatasi permasalahan seperti diatas, saat ini alat bantu dengar telah hadir dengan model terbaru disertai berbagai pilihan fitur tambahan yang jauh lebih sempurna dibandingkan dengan model lama yang kurang memuaskan saat digunakan sebagai perangkat untuk membantu pendengaran. Berikut ini beberapa fitur teknologi yang disediakan oleh perangkat alat bantu dengar terbaru.

 

 

Dapat tersambung langsung dari ponsel ke alat bantu dengar secara nirkabel

Berbagai kemudahan dapat Anda manfaatkan dari alat bantu dengar terbaru saat ini. Tersedia berbagai fitur menarik yang akan memudahkan para pengguna alat bantu dengar untuk berkomunikasi langsung dari alat bantu dengar saat ada telepon di ponsel ataupun juga mendengarkan musik secara langsung di alat bantu dengar Anda tanpa harus menggenggam ponsel.

Melakukan streaming video dan musik secara nirkabel

Sama seperti fitur di atas, alat bantu dengar dengan teknologi terbaru saat ini juga dapat dimanfaatkan sebagai perangkat untuk mendengarkan musik dengan mudah. Kemudahan tersebut sangatlah terlihat dengan tidak diperlukannya kabel sebagai penghubung dengan ponsel.

Mengontrol alat bantu dengar dengan ponsel

Hal lain yang menjadi keuntungan dengan adanya teknologi alat bantu dengar terbaru adalah Anda dapat mengontrol alat bantu dengar melalui smartphone Anda, sehingga Anda tidak perlu repot untuk melepas alat bantu dengar untuk menyesuaikan pengaturannya.

Mendengarkan suara TV tanpa volume suara yang tinggi

Untuk Anda yang memang suka menonton berbagai acara TV, kini Anda yang mengalami masalah gangguan pendengaran tidak perlu lagi menonton TV dengan suara yang keras, sebab dengan alat bantu dengar berteknologi terbaru Anda bisa menonton televisi dengan suara yang sesuai untuk pendengaran Anda.

Bisa mengetahui adanya pesan singkat atau email

Melalui penggunaan alat bantu dengar terbaru ini, Anda bisa mengetahui ketika ada pesan singkat ataupun juga email yang masuk di ponsel Anda. Tentunya, hal ini juga membantu penggunaan alat bantu dengar Anda karena notifikasi akan muncul di ponsel Anda jika ada sesuatu yang terjadi pada perangkat alat bantu dengar Anda, sebagai contoh; akan muncul notifikasi di ponsel jika baterai alat bantu dengar Anda akan segera habis.

Memberikan kesembuhan atas telinga berdenging

Telinga berdenging atau tinnitus merupakan hal yang mengganggu. Dengan memanfaatkan alat bantu dengar ini, Anda akan mendapatkan kesembuhan atas permasalahan telinga berdenging yang lebih baik.

Penyesuaian suara sesuai kondisi sekitar secara otomatis

Alat bantu dengar Anda dapat menyesuaikan pengaturan suara secara otomatis jika Anda sedang berada di lingkungan yang bising seperti di restoran.

 

Saat ini perkembangan teknologi alat bantu dengar sangatlah pesat dengan banyaknya kemajuan dari berbagai hal di dalamnya. Selain itu, alat bantu dengar saat ini tidak hanya sebagai perangkat untuk mengeraskan suara saja, melainkan sudah mampu membuat kualitas hidup serta kemampuan berkomunikasi menjadi jauh lebih baik.

Be the first to comment

Leave a Reply