Tips Untuk Pengguna BAHA (Bone Anchored Hearing Aid) No ratings yet.

Gangguan pendengaran memang sesuatu yang sangat mengganggu aktifitas manusia dalam sehari-harinya. Gangguan pendengaran pun ada bermacam-macam dan beberapa di antaranya dapat diatasi atau dikurangi dengan cara menggunakan alat bantu pendengaran. BAHA (Bone Anchored Hearing Aid) hanyalah salah satu dari sekian alat bantu dengar yang tersedia di pasar. BAHA adalah alat bantu dengar yang dipasang dengan cara meletakkan implan alat bantu dengar di telinga.

Di artikel ini kami akan memberikan beberapa tips menarik dan berguna untuk Anda yang memiliki gangguan pendengaran dan menggunakan BAHA sebagai alat bantu dengar. Simak artikel selengkapnya.

 

Tips 1: Katakan bahwa Anda pengguna BAHA

Sangat penting untuk menginformasikan kepada setiap orang di sekitar Anda yang nantinya akan berurusan dengan kesehatan Anda bahwa alat bantu dengar yang ada di telinga Anda adalah BAHA. Sangat tidak disarankan untuk menyampaikan secara general seperti “alat bantu dengar” karena alat bantu dengar yang biasa berbeda dengan BAHA. Apalagi jika Anda sedang berurusan dengan agen asuransi untuk melakukan klaim. Maka dari itu sangat penting untuk menjelaskan apa sebenarnya yang terpasang di tulang telinga Anda.

 

Tips 2: Ketahui posisi yang tepat untuk alat ini ketika menggunakan head band

Ada beberapa orang yang memilih menggunakan soft band head band dan rupanya ada posisi yang tepat sehingga tidak menyakiti diri Anda serta alat akan bekerja lebih baik.

Pada dasarnya BAHA memang dipasang langsung di telinga bagian belakang atau sekitarnya. Namun kenyataannya teknologi yang ada di balik tulang telinga masih membuat pasien mendengar suara melalui getaran di mana pun yang ada di dalam tengkorak manusia, di mana pun prosesornya diletakkan.

Jika seseorang ketika masa kanak-kanak cenderung memiliki lekukan atau tanda seperti lekukan di balik telinga maka alat akan lebih baik jika dipasang di belakang telinga atau di kepala. Kondisi ini disebut dengan Unilateral Microtia.

Jika seseorang memiliki Atresia pada kedua telinganya maka akan disarankan untuk menggunakan dua alat BAHA. Namun ketika salah satu alat sedang rusak dan diperbaiki, mereka tidak punya pilihan selain menggunakan satu alat saja. Atau, mengganti keduanya dengan yang baru.

 

Tips 3: Pentingnya menjaga keselamatan

Setiap prosesor menawarkan panduan keselamatan berbentuk garis yang dapat dipasang pada prosesor itu sendiri atau di tempat lain seperti kaos dan kerah baju untuk menjaga prosesor agar tidak jatuh. Tali keamanan berfungsi sangat baik pada sebagian besar orang sedangkan sisanya tidak terlalu menganggapnya penting. Tentunya pilihan ini sangat menarik dan menguntungkan karena dapat membantu Anda agar tidak kehilangan prosesor. Namun tentunya hal ini bukan lah sesuatu yang diwajibkan untuk masing-masing pengguna BAHA pada umumnya.

Berikan Rating Artikel Ini

Be the first to comment

Leave a Reply