5 Tips Membersihkan Kotoran Telinga No ratings yet.

5 Tips Membersihkan Kotoran Telinga

Kotoran telinga adalah pembersih dan pelumas internal telinga, mencegah bakteri dan kotoran masuk ke dalam saluran telinga. Ironisnya, terlalu banyak kotoran telinga juga bisa mengganggu pendengaran Anda dan dapat menyebabkan masalah lain. Misalnya, kotoran telinga salah satu penyebab utama kerusakan alat bantu dengar. Penyumbatan dari kotoran telinga dapat membuat suara terdengar lemah, terdistorsi, atau sama sekali memblokir suara, masalah yang tidak hanya mempengaruhi kemampuan pendengaran Anda tetapi juga merusak komponen alat bantu dengar. Meskipun Anda pasti dapat mengunjungi ahli kesehatan pendengaran untuk menghilangkan kotoran telinga dari alat bantu dengar Anda (dan telinga Anda), ada cara sederhana untuk membersihkan kotoran telinga dengan benar di rumah untuk menghemat perjalanan dan biaya ke klinik.

1. Identifikasi Kotoran Telinga Secara Visual dan Bersihkan Dengan Kain Bersih dan Lembut

Membersihkan dan menghilangkan penumpukan kotoran telinga yang terlihat cukup untuk menjaga alat bantu dengar Anda berfungsi dengan baik. Jangan gunakan bahan pembersih apa pun pada alat bantu dengar Anda. Jika kain tidak dapat menghilangkan kotoran telinga dan masalah tetap ada, Anda mungkin perlu menggunakan alat pembersih khusus lainnya.

2. Gunakan Alat Penghilang Kotoran Telinga Dengan Perangkat Pembersih Alat Bantu Dengar

Untuk area yang lebih kecil di mana kotoran telinga sulit dijangkau, Anda dapat membeli perangkat pembersih jika Anda belum memilikinya. Perlengkapan pembersih dasar berharga tsekitar seratus ribu rupiah, sementara perlengkapan yang lebih mewah harganya mencapai Rp 700.000. Alat utama untuk menghilangkan kotoran telinga adalah kuas dan korek api. Meskipun ini dirancang untuk alat bantu dengar, berhati-hatilah dan cobalah untuk tidak mendorong lilin lebih jauh ke dalam perangkat Anda.

3. Bersihkan atau Ganti Filter dan Pelindung Kotoran Telinga

Beberapa alat bantu dengar memiliki pelindung dari kotoran telinga built-in untuk mencegah kotoran telinga masuk ke dalam, tetapi alat tersebut dirancang untuk diganti secara teratur. Periksa alat bantu dengar Anda apakah ada tanda-tanda kotoran yang dapat Anda singkirkan dengan mudah, dan jika perlu, gantilah dengan cadangan yang mungkin Anda terima dari ahli kesehatan pendengaran Anda. Jika tidak, kunjungi ahli kesehatan Anda untuk pengganti.

4. Bersihkan Lubang atau Ujung Suara

Bagian kecil dari alat bantu dengar Anda adalah tempat masuknya suara, jadi sangat penting untuk menjauhkannya dari kotoran telinga. Lingkaran atau sikat dari peralatan pembersih adalah alat terbaik untuk mengangkat kotoran telinga dengan lembut dari lubang ujung suara.

5. Lepas dan Bersihkan Semua Pipa

Alat bantu dengar di belakang telinga dilengkapi dengan tabung yang juga dapat tersumbat oleh kotoran telinga. Lepaskan, periksa apakah ada penyumbatan, dan lepaskan dengan kabel kecil yang bisa ditekuk atau blower udara. Tubing sudah aus dan dirancang untuk diganti secara berkala, jadi jika penyumbatannya parah, bawalah ke ahli kesehatan pendengaran Anda.

Mengikuti tip pembersihan sederhana ini dengan hati-hati dapat membantu Anda menghindari bahaya kerusakan kotoran telinga pada alat bantu dengar Anda dan ketidaknyamanan jika alat bantu dengar Anda rusak.

 

Berikan Rating Artikel Ini